Koran Weekend

Ads 468x60px

Sabtu, 19 Januari 2013

JANGAN ASAL MEREM


zZZzZz…..ZZZzzzzZZ….ZZzzzz…. mungkin hal itulah yang kita sering di lakukan ketika  pelajaran sedang kosong. Udah deh. Gak usah bohong. Pasti kamu semua pernah tidur di kelas. Tidur menjadi suatu hal yang paling menyenangkan bagi kita khususnya di pondok pesentren ketika berada di kelas. Bahkan, ketika pelajaran tersebut sedang berlangsung kita tetap saja tidur.
Tidur saat pelajaran berlangsung tersebut biasanya dilakukan oleh para siswa disaat pelajaran kosong atau guru yang mengajar tidak masuk pada waktu tersebut.  Tidur ini pun tak segan-segan di lakukan oleh para siswa  di kelas  mereka masing-masing. Ini bukanlah suatu kejadian yang perlu dibilang WOOW gitu. Karena kejadian seperti ini lumrah terjadi dari dahulu kala sampai sekarang.
Menurut ali wafa (16). Siwa kelas XI ips 1 setelah kita konfirmasi saat dia baru tersadar dari tidurnya dia hanya merespon kita dengan jawaban yang singkat” anu… ketondu roah, malemmah tak tedung sekaleh (ngantuk banget, tadi malem gak tidur semaleman.red)” tandasnya, menurutnya dia sering tidur saat pelajaran berlangsung dikarenakan pada malam harinya dia sering menghabisan waktunya untuk berdiskusi dengan teman seperjuangannya.”biasanah mun malem engkok ajherbik tang kancah” ( biasanya kalau malem aku belajar dengan temanku.red)
Kejadian itu di respon negatif oleh para staf pengajar karena dapat mengganggu keefektifan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).Lebih parahnya lagi ketika kita melakukan survei pada  siswa MA Nurul Jadid (MANJ), terdapat 99% siswa MANJ yang mengaku pernah tidur dalam kelas.
Anehnya, para siswa dapat tidur dalam keadaan apapun, tidur duduk, berdiri, di tempat sempit, dengan kondisi suhu di daerah Paiton yang cukup panas, tidak menjadi halangan bagi siswa untuk tidur di kelas. Bahkan sempat terdapat kejadian siswa tidur di lapangan Basket, Amazing!
“waduh..,.tidur mereka itu yah ajaib. Bisa tidur dalam posisi apapun” ujar Bpk. Mat Sholeh(25) sebagai salah satu staf tata usaha di MANJ.
Dalam kasus ini terdapat banyak faktor yang menyebabkan siswa tidur di kelas. Kondisi sekolah yang berada di lingkungan pesantren membuat siswa terbiasa tidur malam. “Setiap malam saya bersama teman-teman diskusi sampai larut malam. Ya.. untuk menambah wawasan lah. ” ujar ihwan siswa kelas XI IPA 1.
Berbeda dengan ajang (16), dia mengaku sering tidur di kelas dikarenakan padatnya kegiatan yang ada di ponpes ini, “ya kan, kalo di rumah, kegiatannya gak padat amat. jadi waktu istirahatku cukup”. Tegasnya .
Tapi ini semua tidak keseluruhan kesalahan para siswa. Terkadang siswa juga merasa bosan dengan sistem atau gaya belajar yang dibawakan oleh guru. Sehingga, dapat mempengaruhi kinerja dan semangat mereka untuk belajar. Salah satu responden kita mengiyakan informasi tersebut.
yah..penyebab kita tidur di kelas itu banyak lah mas..”ujar khoiri (15) XI IPS 1. “tidak semuanya ini salah siswa, Tetapi terkadang kita juga menemui guru yang kurang kreatif dalam menyampaikan pelajaran dikelas. Sehingga berakibat pada kinerja sistem kerja otak kita”. tambah khoiri ketika ditemui di perpustakaan sekolah.
Sebenarnya dalam penyampain pelajaran, guru dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi dalam menyampaikan sebuah pelajaran. Karena, ketika siswa dalam keadaan bosan, guru harus bisa memanage kondisi kelas menjadi asik seperti pemberian game dan sebagainya. Salah satu cara ampuh yang biasanya dilakukan oleh para guru untuk mengembalikan semangat siswa adalah mengadakan kegiatan Nonton Bareng (Nobar).
Selain dari guru, masalah ini juga datang dari para siswa dan siswi itu sendiri, sebagian dari mereka memang sudah memiliki sifat mengantuk yang sangat dahsyat. Sehingga apapun yang dilakukan guru untuk menambah semangatnya nggak akan mempan. Jadi untuk mengantisipasi kejadian itu usahakan lah bagi para siswa untuk bisa mengatur waktu sebaik mungkin untuk istirahat. Jadi ketika proses KBM sekolah sedang berlangsung tidak akan adalagi siswa yang “Tewas” dalam kelas. (feb/zen)

0 komentar:

Posting Komentar